Minggu, 14 Oktober 2012

Tiada Ilmu Tanpa Rasa di Farmasi (TITRASI)

10 Agustus 2008 adalah awal dari sebuah perjalanan hidup 56 orang mahasiswa Farmasi Poltekkes Makassar. PPS, Pengenalan Program Studi. Itulah nama kegiatan yaang mengenalkan saya dengan 55 orang 'asing' ini. 1 hal yang langsung menjadi pertanyaan saya, 'Inikah orang-orang yang akan menemaniku melewati masa perkuliahan 3 tahun ini?'. Saya kemudian berpikir positif, Tuhan pasti memberikan apa yang saya butuhkan, dan saya yakin mereka adalah yang terbaik.

Suasana PPS Jurusan 22-23 Agustus 2008
Dan hari-hari bersama mereka pun terlalui. Ada suka dan ada duka. Mengenal karakter mereka satu per satu dengan rutinitas kampus yang (sangat) membosankan. Ruang kelas, Laboratorium, Kost, buat laporan dengan jawaban 'ACC' atau 'perbaiki', dan seterusnya. Kalau ada yang membuat betah di kampus itu, yah 55 orang inilah.
Di hari pertama pra-PPS, Muh. Idham Haliq. AMD.F orang yang pertama kali saya kenal. Menyusul Hendrawan. AMD.F dan Al-hasib. AMD.F yang kemudian menjadi teman sekamar saya di kost-kostan. Dan entah mengapa di zaman PPS ini saya sanga membenci Helnes Sanda Luden, AMD.F. Sepertinya faktor iri kepada beliau. Kenapa dia yang direkrut ke paduan suara? Padahal suaraku masih lebih bagus pikirku (sorry bro, cuma waktu itu saja. sekarang masih sama :p ).

Hari-hari terus berlalu. Setelah berkutat di beberapa mata kuliah dasarr semester I, Mikrobiologi dengan bapak DR. Drs. Natsir Djide, M.Kes., Apt. di semester II, Statistika dan Farmasi Fisika di semester III, Farmasi Klinik dan Farmasi Rumah sakit di semester IV dengan ditandai harus berpisahnya kita dengan salah satu teman lainya, Nurlela yang harus cuti karena mengalami gangguan kesehatan. 
Dan tibalah kita di semester V. Semester yang selalu ada dipikiran saya akan menjadi semester santai. Tapi, Sh*t kebijakan baru diterapkan. Semester V kita harus sudah menyetor Judul Karya Tulis Ilmiah (KTI) untuk kemudian disetujui menjadi Judul KTI nantinya. Tapi yah, karna pada dasarnya saya orangnya santai dan masih terpengaruh film "3 Idiots" ALL IZZ WEELL, itu tidak jadi masalah. Semester V tetap menjadi semester tersantai menurutku. Atau justru semua semester itu santai? :)
Setelah melewati tahap demi tahap Proposal KTI, dihadapkanlah kita pada test pertama. Seminar Proposal atau lebih tepatnya saya sebut 'Seminar Saran dan Curhat paccapu doe'.

Selalu ada suka di balik duka. Dan yah, PKL INDUSTRI atau lebih tepat disebut "Jalan-jalan keliling Pulau JAWA". Satu-satunya hal menyenangkan yang di fasilitasi kampus yah cuma ini. Terlalu panjang kalau saya menceritakan ini. Beberapa doto di bawah ini bisa menjadi gambaran buat anda:









Apa anda melihat wajah sedih disitu? yaa. Tidak ada. Rp. 4.350.000 yang kita keluarkan seperti terbayar puas dengan semuanya. Huaaaah, sangat menyenangkan 12 hari itu. Apalagi saya, saya seperti bulan madu disana :) Nikmat memang jika kita bahagia menjalaninya. Dan ya, bahagia juga terkadang mahal.

Namun sekembali dari PKL Industri, ada banyk tugas yang menunggu. Membuat laporan PKL Industri, Musyawarah Besar HMJ-Farmasi buat teman-teman yang jadi pengurus, Konsultasi KTI dan PKL Klinik. ALL IZZ WEELL. Semua kembali terlewati dengan kisah dan sejarahnya masing-masing.

Ujian Akhir atau yang biasa kita sebut 'Ujian Meja' (2011lupa tanggal tepatnya). Takut, gugup, berdebar-debar dan berbagai perasaan yang menyatu di dalam dada ketika tiba hari bersejarah ini. DAN SAYA TETAP SANTAI. HAHAHAHAHAHA. Saya berpikir, Entah apa yang harus membuat saya takut ataupun gugup di moment itu. Saya masih tetap dapat menikmati sebatang rokok dan bercanda beberapa menit sebelum tiba giliran saya. Dan hasilnya, ALL IZZ WEELL.

ohh wait, ada 1 moment yang sepertinya terlewatkan. Ujian Kompetensi.
ahh, sudahlah. Saya malas membahasnya. Toh tidak diakui juga hasil ujiannya.

YUDISIUM. Poin penting dari yudisium adalah Mendengar pidato tidak jelas, hasil IPK masing-masing, foto-foto dan yang pasti Kami resmi menyandang gelar AHLI MADYA FARMASI.



Dan inilah puncaknya, 12 Oktober 2011. WISUDA. Saya bahagia sekaligus sedih di moment ini. Bahagia karena akhirnya saya merasakan yang namanya wisuda, tidak kuliah lagi, dan di kampus saya sudah menjadi super Senior. Dan saya Sedih karena mulai esok harinya, 13 Oktober 2011 saya kembali resmi menyandang status PENGANGGURAN.


Itulah mungkin sedikit kisah kuliah selama 3 tahun yang bisa saya bagi. Maaf jika banyak detail-detail yang terlewatkan. Karna kalau harus menulis semua detailnya, saya mungkin harus menerbitkan sebuah buku yang jumlah halamannya hampir sama dengan Farmakope Indonesia Ed. III :) Senang mengenal anda semua.
Terima kasih telah membaca dan mengunjungi blog saya. Silakan memberi komentar apapun sesuka hati anda.
Wassalam



* PS: Beberapa foto saya ambil dari Facebook Salman Al-Ayyubi AMD.F dan Hendrawan AMD.F. Maaf jika fotonya pecah. Dan maaf jika saya tidak menyebutkan nama anda satu per satu. Saya tidak menyebut bukan berarti saya tidak mengingat anda :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar